August 10, 2022

Warta Rakyat

Memberi Inspirasi Untuk Negeri

Mengenal Aspartam Sebagai Pemanis Makanan

2 min read

Food Drugs Association (FDA) Amerika Serikat membolehkan penggunaan pemanis makanan aspartam sejak tahun 1981 dengan syarat tertentu. Apa saja yang menarik dari pemanis makanan ini, dampak serta cara pakainya sebagai berikut.

1. 200 X Gula Pasir

Pemanis makanan ini memiliki kadar manis 200 X lipat dari gula pasir tetapi jumlah kalori yang terkandung di dalamnya tetap sama. Penggunaannya harus sedikit  untuk menghindari dampak negatif yang ditimbulkan akibat kelebihan penggunaan.

2. Aman Bagi Tubuh

Asam fenilalanin dan asam aspartate yang digabungkan menjadi pemanis buatan yang disebut aspartam. Menggunakan aspartam dalam  makanan dalam jumlah terbatas direkomendasikan oleh BPOM dengan ketentuan yang berlaku.

3. Dampak Jangka Panjang

Walaupun Aspartam dijamin aman untuk digunakan tetapi dokter mencurigai bahwa penggunaan yang berlebihan tidak bagus bagi tubuh. Dampak yang ditimbulkan diantaranya gejala sakit kepala, vertigo, lemas, kerusakan otak bahkan bisa menyebabkan kanker.

4. Bahaya Bagi Penderita Phenylketonuria (PKU)

Bagi Penderita Phenylketonuria (PKU) alias penderita kelainan genetika langka menggunakan Aspartam bisa berbahaya. Hal ini terjadi karena penyakit ini tidak bisa memecah zat fenilalanin di dalam tubuh penderitanya. Penggunaan Aspartam dipastikan berakibat fatal pada penderita penyakit ini.

5. Penggunaan Pada Penderita Diabetes

Aspartam aman bagi penderita diabetes karena rasa manis di dalamnya tidak mempengaruhi kalori yang masuk kedalam tubuh .Pemanis makanan ini sering digunakan untuk menggantikan gula pasir dalam makanan yang dikonsumsi oleh penderita diabetes.

6. Dosis Anjuran Aspartam

Dosis aman digunakan adalah 40 milligram setiap per kilogram berat badan yang digunakan setiap hari. Jika berat badan Anda 45 kilogram berarti Anda bisa menggunakan 1.800 milligram per hari. Aspartam biasa digunakan dengan persentase yang sangat kecil karena rasa manis yang tinggi yang dimiliki oleh aspartam.

Aspartam sangat aman jika dikonsumsi setiap hari dengan dosis yang sudah dianjurkan. Semoga info ini berguna bagi Anda yang menggunakan tambahan pemanis buatan dalam makanan kesukaan Anda.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.